Jumat, 31 Oktober 2008

Duta Wisata

Bagi saya, duta wisata adalah seseorang yang peduli dengan wisata dan berkeinginan untuk menyebarluaskan data dan fakta tentang potensi-potensi yang ada di suatu wilayah dimana dia terpilih dengan tujuan meningkatkan pariwisata yang berujung pada optimalisasi swadaya dan bisnis pariwisata daerah tersebut.
Menjadi duta wisata sebuah kota adalah pekerjaan yang tidak mudah. Banyak orang yang mengira duta wisata itu diperuntukkan bagi orang-orang yang berjiwa selebritis. Mungkin, banyak juga yang mengikuti pemilihan duta wisata memang sebagai loncatan ke dunia hiburan. Namun, apapun alasan dan tujuannya, pada dasarnya tugas menjadi duta wisata bukanlah tugas yang selesai pada malam final setelah penobatan. Justru jauh dari itu.
Sebagai duta wisata, kita juga harus pintar mensosialisasikan obyek wisata dengan memanfaatkan segala kesempatan yang mungkin ada. Misalnya, ketika keluarga, saudara, kerabat, atau tetangga yang berencana rekreasi, tidak ada salahnya merekomendasikan sebuah obyek wisata yang ada di kota kita. Atau secara sederhananya, kita bisa mengajak teman-teman kita untuk mengunjungi obyek wisata itu saat ada waktu luang yang biasa dihabiskan di mall. Bahkan kalau memungkinkan, mengapa tidak melakukan promosi ke orang-orang lain yang kita kenal, seperti dosen.
Dengan begitu, diharapkan akan semakin banyak orang yang mengetahui informasi keberadaan obyek wisata tersebut. Saat semakin banyak orang yang menerima informasi kita, biarkan word-of-mouth bekerja membentuk jejaring yang lebih luas sambil kita terus memikirkan cara mengembangkan paguyuban duta wisata dan potensi wisata daerah kita.
Untuk apa jauh-jauh keluar kota kalau di wilayah sendiri pun kita bisa berwisata.
O ya, sebagai informasi tambahan, para Duta Wisata dari semua provinsi di Indonesia ini tergabung dalam ADWINDO, Asosiasi Duta Wisata Indonesia. Konferensi ADWINDO pertama pada tanggal 28 hingga 31 Agustus 2005 di Denpasar Bali dihadiri oleh duta wisata dari 24 provinsi di Indonesia (http://id.wikipedia.org/wiki/Remaja_Duta_Wisata_Indonesia). Jadi, mari tingkatkan pariwisata masing-masing daerah di Indonesia!!!!

Tidak ada komentar: